Tombol Back Menuju ke Home Screen

Kali ini saya akan menuliskan posting singkat mengenai action yang dilakukan oleh tombol back pada android. Sebenarnya kasus seperti ini tidak lazim dalam pemrograman android karena tombol back akan kembali ke activity sebelumnya. Tetapi kali ini saya berniat untuk menggunakannya dalam pembuatan aplikasi mobile. Jadi ketika saya berada di sebuah activity maka saya ingin kembali ke halaman home dengan menekan tombol back.

Agar lebih jelas saya mencoba menerangkan aplikasi yang sudah ada, contoh music player. Ketika Anda menjalankan music player di device Android maka akan muncul activity play list, setelah memilih lagu maka Anda akan menuju ke PlayerActivity dan ketika anda menekan tombol back maka aplikasi akan menuju ke home screen.

Caranya cukup mudah, Anda cukup mengoverride method onBackPressed, seperti berikut

public void onBackPressed() {
     Intent startMain = new Intent(Intent.ACTION_MAIN);
        startMain.addCategory(Intent.CATEGORY_HOME);
        startMain.setFlags(Intent.FLAG_ACTIVITY_NEW_TASK);
        startActivity(startMain);

}

Tinggalkan Balasan

