Mengubah File .jar menjadi .exe Menggunakan Launch4j

Sebenarnya untuk mengubah file jar menjadi exe ada beberapa cara, misalnya menggunakan Exe4j, J2exe, Launch4j dan lain lain. Dalam postingan kali ini saya akan menggunakan Launch4j sebagai toolsnya. Anda dapat mendownload Launch4j disini.

Sebelumnya, buka terlebih dahulu Launch4j yang anda miliki, dan anda pasti akan menemui banyak option yang mungkin bisa membingungkan anda. Karena itu saya akan menjelaskan sedikit detail dari option yang ada.

  • Output file ,kita isi dengan direktori tujuan file exe yang kita buat nanti disimpan.
  • Jar , kita isi dengan deriktori jar yang kita miliki kita simpan.
  • Icon, kita isi dengan deriktori yang berekstensi *.ico, yang nanti akan kita gunakan sebagai icon aplikasi kita yang berekstensi *.exe
  • Option, Centang pilihan “Custom process and XP style manifest” untuk merubah nama process ketika aplikasi dijalankan, sehingga metode processnya mengikuti windows yang kita miliki.

Pada tab header saya sarankan untuk memilih jenis interface  “GUI&”, namun jika anda memilih “Console”  juga tidak apa -apa, yang membedakan adalah jika anda memilih “Console”, maka interface *.exe milik anda nanti akan dipanggil dari windows command prompt.

Kemudian melangkah pada tab Single Instance, dan check list “Allow only a single of the aplication”, option ini digunakan untuk membatasi aplikasi anda akan bisa terbuka 1 kali, maksudnya jika anda sudah membuka file *.exe anda, maka anda tidak lagi bisa membuka aplikasi *.exe anda.

Kemudian pada tab JRE, disana ada sedikit konfigurasi yang harus anda isi, yaitu field “Min JRE version”. Pada tab ini anda harus memasukkan versi minimal dari JRE yang bisa digunakan untuk aplikasi anda. Untuk filed “Initial heap size”, anda bisa mengisikan dengan jumlah yang lebih sedikit dibanding standart memori yang dibutuhkan oleh standart GUI.

Kemudian melangkah pada tab “Version Info”, tab ini digunakan untuk memberikan informasi tentang aplikasi anda. Isilah berdasarkan field yang sudah tertera. Cukup detail dan bisa memberikan informasi yang jelas untuk aplikasi anda. Jika sudah terisi semua fieldnya, ini saat nya kita meng-eksekusi dan menghasilkan aplikasi *.exe kita yang berbasis java.

Sekian postingan kali ini, semoga membantu😀

13 thoughts on “Mengubah File .jar menjadi .exe Menggunakan Launch4j

  1. Mas mau nanya Saya udah ngonvert file java saya sesuai petunjuk mas, tapi waktu aplikasi exe nya saya run koq ndak jalan ya , ga ada respon apa apa dari exenya, padahal waktu di run di Netbeans bisa , mohon pencerahannya mas …
    Thx …

  2. Jika sudah terisi semua fieldnya, ini saat nya kita meng-eksekusi dan menghasilkan aplikasi *.exe kita yang berbasis java.

    ===========>> ha….h.a….h.a……., lha kok diem aja, gak ada proses ? kw..kw..kw….

  3. Master, saya udah coba emang bisa jalan.
    tapi kok gak bisa connect sama database-nya ya?
    padahal waktu di java netbeans oke-oke aja.
    biar bisa connect sama databasenya gimana ya?
    disini aku pakai database SQL (phpMyAdmin), perantara WAMP.
    mohon bantuannya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s