Menjalankan .jar Menggunakan Jbed (emulator java) di Android

Untuk menjalankan file .jar di dalam device android sebenarnya ada beberapa cara. Anda bisa mengubah file tersebut langsung menjadi apk. Tetapi entah karena apa cara tersebut tidak jalan untuk aplikasi yang ingin saya ubah menjadi apk. File jar tersebut sudah berhasil saya ubah menjadi apk melalui http://www.netmite.com/android/ tetapi ketika saya jalankan pada device android aplikasi tersebut tidak bisa menerima output (ketika layar disentuh akan keluar warning error).

Cara lain untuk menjalankan file tersebut adalah menggunakan emulator j2me di android. Aplikasi yang saya gunakan dan akan saya bahas pada postingan kali ini adalah Jbed. oh ya, untuk melakukan testing kali ini saya menggunakan samsung galaxy young  android version 2.3.6🙂

Berikut adalah langkah yang saya lakukan untuk menjalankan file .jar pada device Android:

  1. Download Jbed.zip disini. dan letakkan file tersebut ke dalam SD Card Anda
  2. Download CWM.zip (ClockWordMod Recovery) dan letakkan disini
  3. Reboot device Anda, kemudian hidupkan lagi sambil menekan (tahan) tombol Volume up + Home button + Power.
  4. Untuk memilih option saat booting Anda dapat menggunakan tombol Volume up untuk krusor ke atas, tombol Volume down untuk krusor ke bawah dan menggunakan tombol Home untuk memilih option tersebut
  5. Ketika Anda sudah masuk pada menu booting polih “apply update from sd card
  6. Cari CVM.zip dan kemudian tekan tombol Home setelah anda memilihnya. Anda akan masuk kedalam CVM Recovery
  7. Setelah itu pilih “Install zip from sd” kemudian tekan opsi pertama
  8. Carilah file Jbed.zip dan tekan tombol Home untuk meng-installnya. Akan muncul dialog apakah anda yakin untuk meng-install nya, pilih yes
  9. Setelah proses instalasi selesai akan muncul text “Install from sdcard complete”. Jika sudah keluar tulisan tersebut tekan tombol Back untuk kembali dan pilih Reboot
  10. Setelah itu hidupkan kembali device anda dan carilah menu “Java” .

Untuk proses lebih jelasnya Anda bisa mengikuti tutorial berikut 

18 thoughts on “Menjalankan .jar Menggunakan Jbed (emulator java) di Android

    • ada beberapa yang jadi permasalahan,
      1. aplikasi yg akan saya convert menggunakan LUWIT dalam pengembangannya. Untuk input data menggunakan edit text (text Field) tidak bisa digunakan, sedangkan untuk input data menggunakan text area lancar-lancar saja.
      2. masih bermasalah dengan rendering deh… layout hanya bisa landscape..😀
      3. masih dioprek lagi.. mungkin saja agan tau lagi :p hehe

  1. gan, saya pake samsung galaxy y gts5360, semua lancar dan main game bisa tampil tapi yg jd mslah yg bkin saya pusing, kenapa touchscrennnya gak jalan, jadi di awal game pas pilih sound on/off di pejet layar gak bisa, kenapa ya, padahal java game yg di install itu udah bner java game buat hape layar sentuh, tolong solusinya gan, dan ga full screen juga, menubar atas android tetep ada, batere dan sinyal,

    • oh iya gan?, ane juga kemarin udah nyobain convert game angry birds touch screen jar menjadi apk.. tidak ada masalah kok😀

      setahu ane untuk masalah touch screen emang agak aneh jadinya.. untuk scroll menu aja arahnya menjadi terbalik. terus untuk button emang ane sendiri masih kesulitan gan, kadang ada beberapa action yg tidak jalan..
      justru kemarin nyobain manggil JSON dari jaringan lokal masih belum bisa..😥

      untuk masalah lebar layar emang agak bermasalah di renderingnya.. tidak semuanya bisa menjadi full mungkin di saat pengembangannya setting ukuran layar masih statis.

      kemarin kan ane baru nyobain bikin program sendiri pakai luwit nah ternyata ada beberapa masalah yg belum bisa ane pecahin..🙂
      dan sekarang juga masih dioprek2 kok , siapa tau ada kekurangan lagi..

  2. Mas bro tolong gimana si jalanin java di android q dah nyoba pernah.myampe loading dan jadi waktu itu saya jalani mig33 cuma tombol layarnya gak fungsi(touch) mau log gak bisa sedang klo instal jar laen gak jalan

    • sorry mas hamdi, lama balasnya..
      baru sempet buka blog baru2 ini.. bnyk deadline bulan kemarin😀

      hmm.. bukannya mig33 ada versi androidnya juga ya mas??
      enakan pakai aplikasi untuk platform sendiri🙂

      sepertinya tidak semua jar bisa dijalanin di android..
      masih nyari solusi juga sampai sekarang..

Tinggalkan Balasan

