Peletakan Sintaks Javascript

javascrip

javascrip

Peletakan posisi sintak javascript dapat ditulis dengan file yang berbeda atau terintegrasi dengan sintaks HTML Disini akan dibahas bagaimana caranya sintaks javascrip ditulis dengan file yang berbeda.

Sintak javascript ditulis dengan file  yang berbeda

Tata cara penulisan seperti ini yaitu memisahkan sintak javascript dengan sintak HTML dapat memudahkan bagi pembuat web apabila kita ingin membuat web yang berisi berbagai aplikasi javascript di setiap halaman yang kita buat. Penulisan secara manual sintak javascript di setiap lembar web akan cukup merepotkan bagi kita terlebih lagi hal tersebut dapat memperberat kerja server karena besarnya file yang harus di kerjakan di server akibat banyaknya script javascript yang berulang-ulang di setiap file web tersebut. Hal ini dapat di atasi dengan membuat suatu file khusus bagi script javascript yang sama dari beberapa file yang menggunakan script tersebut sehingga file utama akan mencari file tersebut dengan sintak tertentu.

Script javascript yang kita buat tersebut kemudina kita simpan dalam suatu file dengan ekstension “.js”. Dalam file tersebut kita tidak perlu mencatumkan sintak pembuka <script> dan sintak penutup </script>.File utama terserbut akan mencari file yang berekstention “.js” tersebut dengan sintak :

<script src=”nama_file.js”> </script>

Dengan menggunakan sintak terserbut, kita dapat memanggil kapanpun dan diposisi manapun kita ingin menampilkan aplikasi javascript. Metode ini sangat memudahkan dan cukup praktis bagi pembuat web.

Contoh file Script.js

script.js

script.js

 

 

Contoh latihanscp.html

latihanscp

latihanscp

 

 

 

 

 

 

 

 

Bila kita buka browser dengan nama file latihanscp.html, maka yang tampak di browser adalah :

tampilan latihanscp.html

tampilan latihanscp.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s