Keunggulan Java

Java

Java

Java merupakan pemrograman yang menanjak popularitasnya dewasa ini. Selain gratis, java mudah didapatkan dan juga tangguh. Java sendiri lahir pada tahun 1991 yang diprakasai oleh Sun melalui proyek bernama Green yang dipimpin oleh James Gosling

Java menerapkan fitur-fitur dari bahasa pemrograman yang lain, dimana fitur itu dianggap merupakan suatu kelebihan oleh tim sun. misalnya JVM/JRE yang merupakan mesin maya pada bahasa pascal, Sintaks, dan Exception Handling diambil dari C/C++ dan lain sebagainya.

Java Virtual Macine (JVM) atau Java Runtime Environment (JRE) merupakan fitur Java yang membuatnya dapat berjalan pada semua platform system operasi. Apabila Anda membuat Java pada Windows, Anda dapat menjalankannya pada system operasi Unix, Mc OS dan lainnya.

Keunggulan Java

Java memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh bahasa lain. Berdasarkan white paper resmi dari Sun Microsystems, Java memiliki karakteristik sebagai berikut:

1. Sederhana

Bahasa pemrograman Java menggunakan Sintaks mirip C++, namun sintaks pada Java telah banyak diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance. Java juga menggunakan automati memory allocation dan memory garbage collection.

2. Berorientasi objek (Object Oriented)

Java menggunakan pemrogrman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodulasi dunia nyata ke dalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.

3. Dapat didistribusi dengan mudah.

Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada Java.

4. Interpreter

Program Java dijalankan menggunakan interpreter, yaitu Java Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi menjadi Java bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.

5.Robust

Java mempunyai reliabilitas yang tinggi. Compiler pada Java mempunyai kemampuan mendeteksi eror secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java mempunyai runtime-Exception handling untuk membantu mengatasi eror pada pemrograman.

6. Aman

Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, Java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak system computer yang menjalankan aplikasi tersebut.

7. Architecture Neutral.

Program Java merupakan platform Independent. Program cukup memunyai satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform yang berbeda dengan Java Virtual Machine.

8.Portable

Source Code maupun program Java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.

9. Performance

Performance pada Java sering dikatakan kurang tinggi. Namun performance Java dapat ditingkatkan menggunakan kompilasi Java lain seperti buatan Inprise, Microsoft, ataupun Symatec yang menggunakan Just In Time Compilers (JIT).

10. Multithreaded

Java mempunyai kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus dan simultan.

11. Dinamis

Java didesain untuk dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan pada suatu class dengan menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa mengganggu program yang menggunakan class tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s