Sepuluh Alasan Menggunakan Linux

Ada banyak alasan (baik yang logis maupun emosional) mengapa sebaiknya masyarakat (terlebih yang terlibat dalam dunia pendidikan) menggunakan Linux dibanding misalnya Ms Windows atau Mac Os.

Pertama :

Daya beli Masyarakat Indonesia!

Harga perangkat lunak Ms Windows + Ms Office punya harga setara sebuah komputer baru. Kebiasaan 20rb untuk sekeping CD bajakan sangat nyaman, meski kenyataan sebenarnya berbeda 180 derajat.

Oke ! untuk level sekolah atau kampus ada diskon besar lewat MSA (Microsoft School Aggrement) dan MCA (Microsoft Campus Agreement). Setelah itu ?

Membuka toko yang memerlukan 10 PC dengan OS dan program Office sangatlah menguras kantong:) Oh ya! Mintalah diskon ke Microsoft….

Kedua :

Sistem Close source tidak banyak berguna untuk pengembangan SDM kedepan.

Ingat waktu kecil, karena ingin tahu cara kerja mobil mainan, kita mengambil obeng dan membongkar untuk mengetahui isi dan cara kerjanya.

Sistem Open Source jauh lebih memadai dalam hal ini.

ketiga :

Keamanan.

Arsitektur Linux jauh lebih aman di banding Ms Windows. Virus, Worm, exploit jarang di jumpai di Linux. Tinggal tunggu waktu karena Linux belum populer ? Tidak juga. Arsitektur Linux memang dari awalnya didesain untuk terjun di dunia bebas Hehehe. Berbeda dengan desain awal Ms WIndows yang merupakan komputer rumahan. (PC).

kempat :

Kestabilan.

Sistem Operasi Linux jauh lebih stabil di banding Ms Windows. Jarang sekali terjadi crash ataupun Hang di Linux. Komputer dengan Linux dapat berjalan ratusan hari tanpa sekalipun perlu reset.

kelima :

Performa.

Urusan Performa Linux jauh lebih baik di banding Ms Windows. Jika pada Ms WIndows terjadi penurunan performa seiring perjalanan waktu, (jika tidak melakukan defrag contohnya, Ms Windows Anda akan macet akhirnya) maka di Linux hal ini tidak terjadi.

keenam :

Install On the fly.

Anda dapat mengistall hampir 100% jenis program tanpa perlu restart. Entah paket program game, office, developmnmet, semua dapat diinstall saat Komputer Anda jalan… dan tanpa perlu restart.

ketujuh :

Resource Hardware minim.

Anda dapat menjalankan Linux dalam komputer yang sudah tua sekalipun. Bagaimana jika anda meng-install Vista pada komputer PIII 450 dengan RAM 128 MB dan VGA onboard ??

Apakah komputer anda dapat berjalan dengan nyaman ? atau jadi lebih lambat ? Bagaimana dengan Linux ? Anda bahkan dapat menjalankan Linux dengan spek hardware yang minim, bahkan dengan RAM 64 MB sekalipun.

kedelapan :

Tersedianya paket-paket program inti.

Untuk Linux, anda akan mendapatkan paket – paket program inti. Anda tidak perlu di-repotkan lagi dengan menginstall program – program inti yang perlu.

Baik dari segi programming, server, maupun paket office, telah tersedia dalam beberapa distribusi Linux.

kesembilan :

“Driver less”.. Oops !

Di Ms Windows, jika mempunyai suatu hardware dipastikan harus meng-install driver dari hardware tersebut agar dapat berjalan dengan baik.

Hampir semua hardware standart disupport Linux tanpa perlu repot install driver “Out the box”.

Mulai dari ratusan jenis printer, VGA card, Kartu jaringan, dan perangkat keras lain dapat dijalankan tanpa perlu install driver bawaan.

kesepuluh :

Masa depan.

Telah terjadi peralihan penggunaan sistem operasi dari Ms Windows ke Linux. (Baik skala besar maupun kecil, Kelihatan maupun tidak). Hal ini terjadi baik di tingkat perorangan, rumah tangga, perusahaan, dan pemerintahan. Lebih baik bersiap daripada terlambat.

One thought on “Sepuluh Alasan Menggunakan Linux

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s