Dasar HTML

Dalam struktur data dokumen HTML terdapat elemen dasar yang membangun dokumen HTML tersebut. Setiap elemen dasar mempunyai fungsi masing-masing, elemen dasar HTML antara lain:

a. Tag

Adalah teks khusus (markup) yang berada diantara dua karakter  “<” dan “>”,Sebagai contoh <title>, tag ini disebut dengan tag title. Umumbya tag ditulis secara berpasangan, yang terdiri dari tag pembuka dan tag penutup. Dalam tag penutup, sebelum karakter “>” ditambahkan karakter “/”.  Seperti contoh di atas <title> merupakan tag pembuka yang berfungsi member I judul dokumen pada HTML dan tag penutup dari <title> adalah </title>.

b. Element

Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi dan tag penutup.Contoh untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser digunakan elemet title :

<title> -> merupakan tag pembuka judul dokumen HTML.

Isi judul dokumen HTML -> Isi

</title> -> merupakan tag penutup judul dokumen HTML.

c. Attribute

Attribute mendefinisikan property dari suatu elemen HMTL, yang terdiri atas nama dan nilai. Penulisannya adalah sebagai berikut:

<tag>

<Nama attribute=”nilai attribute”

…>

</tag>

Secara umum nilai attribute harus berada dalam tanda petik satu atau dua. Contoh, untuk membuat warna teks menjadi kuning dan latarbelakang halaman web menjadi hitam, penulisannya <body bgcolor=”black” text=”yellow”>

d. Element HTML

Menyatakan pada browser bahwa dokumen web yang digunakan adalah HTML.Penulisan sintaks element HTML sebagai berikut:

<html>

….

</html>

e. Element Head

Merupakan kepala dari dokumen HTML. Tag <head> dan tag </head> terletak antara tag <html> dan </html>

f. Elemen Title

Merupakan judul dari dokumen HTML yang ditampilkan pada buku jendela browser. Tag <title> dan tag </title> di antara tag <head> dan tag </head>.

g. Elemen Body

Elemen ini berfungsi untuk menampilkan isi dokumen HTML. Tag <body> dan tag </body> terletak di bawah tag <head> dan tag </head>

Sintaks dari elemen body:

<body text=”v” bgcolor=”w” background=”url” link=”x” alink=”y” vlink=”z”>

Body.

Attribute text memberikan warna pada teks, bgcolor memberikan warna pada latarbelakang dokumen HTML dalam bentuk gambar, link memberikan nilai warna untuk link, alink memberikan warna untuk link sedan aktif, vlink memberikan warna untuk link yang telah dikunjungi.

Jika attribute bgcolor dan background digunakan secara bersamaan maka attribute yang dipakai adalah background, akan tetapi jika nilai attribute background tidak di temukan dalam dokumen HTML maka attribute yang dipakai adalah attribute bgcolor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s