Macam-macam Distro Linux

Karena Linux hanya merupakan sebuah kernel, maka banyak sekali para pengguna Linuc yang menggunakan distribusi Linux komersial yang bisa didapat dari CD-ROM, dan untuk mendapatkan kode sumber(source code) program yang termasuk standar sistem UNIX. Sebagai alternative, kode sumber tersebut bisa diperoleh dari berbagai situs-situs FTP yang berbeda. Kode sumber Linux biasanya di-install di directory /usr/src/linux.

Distribusi Linux? Ya, Linux Distribution dalam Bahasa Indonesia desebut Distribusi (distro) Linux merupakan paket software sistem operasi lengkap yang berisi Linux (kernelnya), program-program utilitas sistem, paket instalasi dan manajemen lingkungan kerja komputer. Terdapat banyak sekali jenis distro Linux yang bisa kita pilih untuk memulai menggunakan Linux, diantaranya adalah: Ubuntu, Debian, openSUSE, Gentoo, Fedoraa, Mandriva, Slackware dan lain-lain. Indonesia memiliki banyak distro Linux, yaitu BlankOn, IGOS Dekstop, Xnuxer dan lain-lain. Pilihan ada pada keinginan dan selera user.

One thought on “Macam-macam Distro Linux

  1. thanks infonya…
    bro gw mo nanya. linux ubuntu dah gw donlot, tpi gw rgu ma driver laptop gw, comptibel to gak? oya laptop gw acer aspire 4736 intel core2duo.
    oya…klo g sbuk bls ke email gw ya… dan bisa gak ubuntu diinstal di laptop???
    thanks…

Tinggalkan Balasan

