Proses Status di Slackware

Bagaimana Anda mendaftar semua program-program yang running atau sleep dalam sistem operasi slackware? Anda bisa menggunakan perintah ps. Perintah ini memiliki banyak opsi, jadi kita hanya akan membahas yang paling penting.

Cukup dengan menekan ps dan Anda akan mendapatkan daftar program yang berjalan pada

terminal Anda. Hal ini termasuk proses-proses foreground (yang menyertakan shell yang Anda gunakan, dan tentu saja, ps). Perintah ini juga menampilkan proses-proses background yang mungkin masih berjalan. Seringkali, ini merupakan daftar yang singkat:

% ps

PID TTY TIME CMD

7923 ttyp0 00:00:00 bash

8059 ttyp0 00:00:00 ps

Meskipun tidak terdapat banyak proses, informasi ini adalah pada umumnya. Anda akan mendapatkan jumlah kolom yang sama menggunakan ps sebanyak proses apapun yang berjalan. Lalu apa artinya?

PID adalah process ID. Semua proses yang berjalan diberikan penanda unik yang berkisar antara 1 dan 32767. Setiap proses diberikan nilai PID berikutnya yang kosong. Ketika sebuah proses berhenti (atau dihentikan, seperti yang Anda akan lihat pada bagian selanjutnya), proses akan memberikan PIDnya. Ketika maksimal PID sudah tercapai, PID kosong berikutnya akan diambil dari PID kosong yang paling rendah.

Kolom TTY mengindikasikan pada terminal mana sebuah proses berjalan. Menggunakan ps hanya akan menampilkan semua program yang berjalan pada terminal aktual, sehingga semua proses memberikan informasi yang sama pada kolom TTY. Seperti yang Anda lihat, kedua proses yang terdaftar berjalan pada ttyp0. Hal ini mengindikasikan bahwa mereka berjalan pada terminal X atau variasinya.

Kolom TIME mengindikasikan seberapa banyak waktu CPU yang digunakan proses. Hal ini berbeda dengan jumlah aktual yang dijalankan sebuah proses. Ingat bahwa Linux adalah sistem operasi multitasking. Terdapat banyak proses yang berjalan pada satu waktu, dan setiap proses-proses ini mendapatkan waktu proses yang kecil. Jadi, kolom TIME seharusnya menampilkan waktu yang lebih kecil untuk setiap proses yang seharusnya berjalan. Jika Anda melihat lebih dari beberapa menit pada kolom TIME, maka bisa berarti terjadi sesuatu yang salah. Akhirnya, kolom CMD menunjukkan program sebenarnya. Kolom ini hanya menampilkan nama dasar dari program, bukan opsi peirntah baris atau informasi serupa. Untuk mendapatkan informasi tersebut, Anda harus menggunakan satu dari beberapa opsi pada ps. Kita akan membahasnya sebentar lagi. Anda bisa mendapatkan daftar lengkap dari proses-proses yang berjalan pada sistem Anda dengan menggunakan kombinasi opsi yang benar. Hal ini mungkin menjadi daftar proses yang panjang (lima puluh lima pada laptop saya ketika saya menulis kalimat ini), sehingga saya akan menyingkat keluarannya :

% ps -ax


Sebagian besar dari proses-proses ini dimulai saat boot pada sebagian besar sistem. Saya telah melakukan beberapa modifikasi pada sistem saya, sehingga keluaran pada tempat Anda mungkin berbeda. Namun, Anda akan melihat sebagian besar proses ini pada sistem Anda juga. Seperti yang Anda lihat, opsi-opsi ini menampilkan opsi perintah baris pada proses yang berjalan. Baru-baru ini, sebuah kecacatan kernel pada ptrace memfasilitas sebuah perbaikan yang tidak lagi menampilkan opsi perintah baris untuk banyak proses yang berjalan. Hal ini sekarang ditampilkan pada tanda kurung, seperti PID 108 hingga 110. Hal ini juga membawa beberapa kolom dan beberapa hasil keluaran lain yang menarik.

Awalnya, Anda akan mengetahui bahwa sebagian dari proses-proses ini terdaftar berjalan pada tty “?”. Proses-proses tersebut tidak terikat pada terminal tertentu. Ini pada umumnya adalah daemon, yaitu proses yang berjalan tanpa terikat pada terminal tertentu. Beberapa daemon umum adalah sendmail, BIND, apache, dan NFS. Mereka umumnya mendengarkan permintaan dari client, dan mengembalikan informasi.

Kedua, terdapat kolom baru: STAT. Kolom ini menunjukkan status dari proses. S berarti sleeping: proses sedang menunggu untuk sesuatu agar terjadi. Z berarti proses zombie. Sebuah proses zombie adalah proses dimana proses induk sudah mati, meninggalkan proses anak. Ini bukan hal yang bagus. D berarti sebuah proses yang memasuki sleep yang tidak dapat interupsi. Seringkali prosesproses ini menolak untuk dihentikan meskipun ketika diberikan sinyal SIGKILL. Anda bisa  membaca lebih banyak tentang SIGKILL pada bagian selanjutnya pada kill . W berarti paging. Sebuah proses yang mati ditandai dengan X. Sebuah proses yang ditandai dengan T berarti dilacak, atau dihentikan. R berarti proses dapat dijalankan. Jika Anda hendak melihat lebih banyak informasi tentang proses yang berjalan, gunakan :

% ps -aux

 


Itu merupakan keseluruhan informasi. Secara umum, perintah akan menambahkan informasi termasuk pengguna siapa yang menjalankan proses, berapa sumber daya sistem yang digunakan (kolom %CPU, %MEM, VSZ, dan RSS), dan pada tanggal apa proses dijalankan. Jelas, itu adalah informasi yang berguna pada administrator sistem. Perintah ini juga memberikan informasi lain:  informasi sekarang berada diluar layar sehingga Anda tidak bisa melihat semuanya. Opsi -w akan memaksa ps untuk memotong baris yang panjang. Tidak terlalu cantik, tetapi sudah berfungsi. Anda sekarang mendapatkan daftar lengkap dari setiap proses. Terdapat lebih banyak informasi yang dapat Anda tampilkan pada setiap proses. Periksa halaman manual yang lebih detail untuk ps. Namun, opsi yang ditampilkan diatas adalah yang paling umum dan yang akan paling sering Anda gunakan.

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s