Jaringan Berdasarkan Rentang Geografis

Tipe-tipe jaringan komputer dibagi berdasarkan distribusi informasi, jangkauan geografis dan funsgi dari jaringan komputer tersebut. Apabila jaringan komputer ditinjau berdasarkan jangkauan geografis maka dapat dibagi menjadi berbagai jenis, antara lain PAN, LAN, MAN, WAN, internet.

1. Personal Area Network (PAN)

Personal Area Network sering disingkat menjadi PAN , adalah jaringan komputer berdasarkan jangkauan (rentang) geografis yang digunakan untuk komunikasi dengan peralatan komputer lainnya (contohnya printer, modem, handpone, PDA, Bluetooth dll).

2. Local Area Network (LAN)

Local Area Network , merupakan jaringan komputer milik pribadi yang menckup area dalam satu ruangan, sebuah gedung atau kampus. Jangkauan dari  jaringan komputer  Local Area Network(LAN)  berkisar 10 Km dan media transmisi pada jaringan komputer ini berupa kabel. Namun ada juga yang tidak menggunakan kabel dan disebut dengan wireless LAN (LAN tanpa kabel). LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik untuk  memakai bersama suberdaya (resource, missal printer) dan saling bertukar data.

3. Metropolitan Area Network (MAN)

Pada dasarnya teknologi yang digunakan di jaringan komputer Metropolitan Area Network (MAN) hampir sama dengan Local Area Network (LAN). Perbedaannya adalah luas jangkauan yang dimiliki oleh Metropolitan Area Network lebih besar dari pada Local Area Network, jangkauan metropolitan area network berkisar 10-45 Km. Biasanya metropolitan area network digunakan untuk menghubungkan kantor,kampus atau bank yang terletak dalam satu kota dan berbeda lokasi sehingga dapat dimanfaatkan untuk keperluan swasta atau umum. Jaringan ini umumnya menggunakan media transmisi dengan mikrogelombang atau gelombang radio. Namun ada juga yang menggunakan jalur sewa (leased line).

4. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network , jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah Negara bahkan benua.WAN terdiri dari mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.Misalnya jaringan yang menghubungkan ATM.

5. Internet

Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yng berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan inilah yang mengakibatkan timbulnya jaringan yang kompatibel dan berbeda. Biasanya untuk menggunakan jaringan ini diperlukan mesin yang disebut gateway. Gateway digunakan untuk melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan yang terkoneksi inilah yang disebut dg internet.

About these ads

2 thoughts on “Jaringan Berdasarkan Rentang Geografis

  1. “Jaringan Berdasarkan Rentang Geografis | .:Kartikoedhi’s Blog:.” Patio Door Blinds was a superb blog. If merely there were alot more weblogs such as this amazing one in the net. Anyhow, thanks a lot for your personal precious time, Isiah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s